Loading ...

Sejarah Singkat DISKAN

DISKAN

Ir. Hj. Tenteram Rahayu - Kepala Dinas

Sejarah DISKAN

      Secara historis Nama atau Nomenklatur Dinas Perikanan kabupaten berau sepanjang berdirinya senantiasa mengalami perubahan sesuai dengan situasi dan political will pemerintahan, pada tahun 1992 Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur tepatnya tanggal 30 April 1992 membentuk kantor cabang dinas perikanan yang menjadi perpanjangan tangan dari dinas perikanan provinsi kalimantan timur untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi terkait bidang perikanan dan kelautan yang berada di wilayah kabupaten berau.

      Dalam rangka pelaksanaan otonomi daerah yang nyata dan bertanggung jawab serta dinamis pemerintah kabupaten berau pada tahun 2004 membetuk organisasi dinas daerah yang membidangi terkait perikanan dan kelautan dengan nama dinas Perikanan kabupaten berau, dengan berjalannnya waktu pada tahun 2006 dinas perikanan berganti nama yaitu dinas perikanan dan kelautan.

      Berdasarkan Peraturan daerah kabupaten berau No. 13 Tahun 2008 tentang pembentukan organisasi dinas daerah kabupaten berau pada tanggal 17 juli 2008 dinas perikanan dan kelautan berganti nama menjadi dinas kelautan dan perikanan kabupaten berau, nama tersebut melekat dan bertahan hingga tahun 2016 karena dengan adanya undang undang no. 23 tahun 2014 yang menggantikan undang undang no. 32 tahun 2004 tentang pemerintah daerah menyatakan bahwa untuk pengelolaan ruang laut dari 0 – 12 mil menjadi kewenangan provinsi. Berkaitan dengan hal tersebut tahun 2015 pemerintah kabupaten berau membuat peraturan daerah untuk mengatur nama atau nomenklatur organisasi perangkat daerah dan tahun 2016 peraturan daerah tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah no. 7 disyahkan dan tepatnya tanggal 28 November 2016 dinas kelautan dan perikanan kabupaten berau berganti nama menjadi dinas perikanan kabupaten berau.

      Sebagaimana diatur dalam Peraturan Bupati Berau Nomor: 7 tahun 2016 tentang Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Perikanan Kab.Berau maka tugas pokok dari Dinas Perikanan Kabupaten Berau adalah membantu Bupati dalam menyelenggarakan sebagian urusan rumah tangga Daerah Kabupaten Berau di bidang perikanan berdasarkan azas otonomi dan tugas pembantuan yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Daerah melalui Sekretaris Daerah.

      Dalam penyelenggaraan tugas pokoknya di bidang penyelenggaraan perikanan, Dinas Perikanan Kabupaten Berau mempunyai fungsi:
a. Perumusan kebijakan teknis dibidang perikanan.

b. Penyelenggaraan urusan pemerintahan serta pelayanan umum dibidang perikanan.

c. Pembinaan dan pelaksanaan tugas dibidang perikanan.

d. Penyelenggaraan urusan kesekertariatan.

e. Pelaksanaan UPTD.

f. Pembinaan kelompok jabatan fungsional.

g. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Daerah sesuai dengan tugas dan fugsinya.